Select Page

Mengenal Google Search Console Dan Fungsinya

by | May 6, 2020 | Digital Marketing, WordPress | 0 comments

Mengenal Google Search Console dan fungsinya adalah tulisan yang saya tujukan kepada pemula yang baru saja membuat website atau blog, yang ingin meningkatkan kualitas websitenya di mata Google. Saya akan jelaskan secara ringkas definisi dan fungsinya. Semoga kamu bisa memahaminya dengan mudah. Silakan baca sampai selesai.

Definisi

Google Search Console adalah layanan gratis dari Google yang menawarkan bantuan untuk memantau, mempertahankan dan memecahkan masalah atas kehadiran website kita di hasil mesin pencarian Google.

Ada yang perlu kamu ketahui, bahwa sebelum menggunakan nama “Google Search Console” layanan Google ini mempunyai nama “Google Webmaster”. Ya! Google mengubah nama “Google Webmaster” menjadi “Google Search Console” (GSC) sejak 20 Mei 2015. Kemudian pada tahun 2018, Google meluncurkan versi terbaru Google Search Console dengan antarmuka lebih baik dan fitur lebih lengkap (Wikipedia – diakses 5 Mei 2020).

Kemudian ada pertanyaan seperti ini, “Apakah setiap website yang ingin muncul di mesin pencarian google harus terdaftar di Google Search Console?” Jawabannya adalah: TIDAK. “Kalau begitu, apa peran Google Search Console untuk website kita?” Jawabannya adalah: Supaya kita bisa memahami dan meningkatkan cara Google melihat website kita.

Jadi supaya website kita dilirik oleh mesin pencarian Google dengan percaya diri, salah satunya adalah dengan mendaftarkan website kita ke Google Search Console.  Dengan begitu Google bisa secara maksimal mendata kemudian  memberikan nilai dan saran atas website yang kita miliki, apakah website kita  bisa dinilai baik atau tidak menurut standar Google.

Untuk pengenalan cukup sampai di sini. Jika ada pertanyaan silakan comment.

Fitur Dan Fungsi

Di sini saya akan menjelaskan fitur Google Search Console dan fungsinya (Google Support – diakses 5 Mei 2020).

  1. Memastikan bahwa Google bisa menemukan dan meng-crawl website kita. — Fungsi crawl adalah untuk mendapatkan data yang dibutuhkan Google, seperti halaman web, sitemap, gambar, kode error dan lain sebagainya yang kemudian dimasukan ke dalam database index Google.
  2. Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui. — Fungsinya adalah supaya halaman web kita di data index Google tetap up to date.
  3. Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi. — Fitur ini sudah jelas fungsinya. Di sini bentuknya berupa laporan yang bisa kita lihat kapan pun kita mau. Kita bisa mengambil keputusan apa yang harus dilakukan setelah melihat laporan ini.
  4. Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda. — Fitur ini juga sudah jelas fungsinya. Bentuknya berupa laporan infografis.
  5. Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda. — Fitur ini berupa laporan yang memberitahukan bahwa ada web lain yang mengarah ke website kita.
  6. Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya — ini juga berupa laporan penting lainnya supaya website kita maksimal dalam versi mobile dan info-info tentang AMP.

Berikut ini tampilan kinerja salah satu web yang saya maintain (saya sensor nama webnya). Bisa kita lihat kinerja 3 bulan terakhir, grafik menunjukkan penurunan akses.

Dari grafik di atas kita bisa menyimpulkan bahwa kinerja web sangat buruk. Artinya saya harus mengevaluasi dan segera mencari solusi supaya kinerja naik kembali. Bisa saja kita menyalahkan wabah Covid19, tapi sebelum melakukan analisa sebaiknya jangan menyalahkan siapapun.

Nah, sekarang kamu sudah selesai membaca artikel Mengenal Google Search Console Untuk Pemula. Sudah waktunya kita mendaftarkan website kita. Caranya bisa dilihat di sini.

Artikel Terkait

Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Console

Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Console

Kali ini saya akan menunjukkan salah satu cara mendaftarkan website ke Google Search Console. Saya harap cara ini adalah yang paling mudah buat kamu. Saya anggap kamu sudah membaca artikel saya sebelumnya Mengenal Google Search Console dan Fungsinya, Jadi, di sini...

Membuat Website Dengan WordPress Untuk Pemula

Membuat Website Dengan WordPress Untuk Pemula

Bagi kamu yang ingin membuat website sendiri, tidak usah bingung. Saya akan menjelaskan cara membuat website dengan Wordpress untuk pemula. Saya akan menggunakan cara yang paling mudah. Semoga bisa diikuti oleh kamu yang baru mencoba sekarang sekalipun. Untuk...

Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Console

Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Console

Kali ini saya akan menunjukkan salah satu cara mendaftarkan website ke Google Search Console. Saya harap cara ini adalah yang paling mudah buat kamu. Saya anggap kamu sudah membaca artikel saya sebelumnya Mengenal Google Search Console dan Fungsinya, Jadi, di sini...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This